WRITINGTHON ADA CINTA DI SUMEDANG






"Ada apa sih dengan Cinta di Sumedang?"

Sumedang adalah nama salah satu tempat wisata yang ingin sekali saya kunjungi saat ini, karena pesona dari nama Sumedang itu sendiri sangat menarik perhatian saya selaku penikmat tulisan, kuliner dan penikmat jalan-jalan.
Berawal dari sebuah Kerajaan, sejarah Sumedang tertoreh di sana dan menjadikannya pusat peradaban suku Sunda karena banyak situs-situs peninggalan leluhurnya di kota tersebut.
Semua sejarah yang ada di Sumedang merupakan salah satu warisan budaya leluhur bangsa Indonesia yang harus di jaga kelestariannya demi untuk generasi anak cucu kita di masa yang akan datang.
Begitu banyak tempat-tempat wisata di sumedang yang belum terjelajahi dan tergali potensi wisatanya dan di kenal dunia sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang mengadakan Writingthon Jelajahi Sumedang bersama PHRI sumedang dan Bitread Publishing.
Bukan Ingsun Medang namanya jika kota nya tidak tersohor dan terkenal dengan kepiawaian nya dalam membuat kudapan yaitu Tahu Sumedang dan Ubi Cilembu.
Kudapan Tahu Sumedang ini rasanya adalah kudapan tertua di Indonesia, tekstur dan rasa sangat berbeda dengan tahu-tahu lainnya pada umumnya dan terbukti dari tahun pertama di buatnya. Ubi Cilembu juga konon kabarnya jika tidak di tanam di Sumedang maka rasa manisnya akan berbeda dengan ubi yang di tanam di sana.
Keduanya dari kudapan tersebut merupakan faktor ekonomi kreatif dari kota Sumedang yang menjadi mata pencaharian penduduknya di sana dari zaman dulu hingga saat ini.
Keunggulan #jelajahisumedang yaitu menjadi destinasi wisata dan traveling dengan diadakannya #writingthonjelajahisumedang dan siap - siap #enthusiast untuk mendapatkan pengumuman serta melalui masa karantina di sana selama 4 hari lamanya, dan itu semuanya dilakukan harus dengan cinta tentunya.
Ada cinta di Sumedang merupakan kata-kata saya yang memang di khususkan untuk kota tersebut sehingga menjadi tolak ukur kesuksesan maju mundurnya sebuah kota jika dimulai segala sesuatunya dengan cinta.
Cinta adalah universal sejauh mana kita sebagai penduduk bangsa Indonesia yang kaya akan budaya mencintai sejarah dan mencintai segala aspek dan bidang di kehidupan kita khususnya saya sendiri sebagai orang sunda.
Untuk mencintai suatu daerah sebagai destinasi wisata di perlukan kesadaran dari mulai diri sendiri hingga orang sekitar agar tempat tersebut terawat dengan baik lahir ataupun bathinnya, fisik atau infrastukturnya hingga membangun mindset penduduk yang tinggal di dalamnya.


Waduk Jati Gede Seperti Atlantisnya Sumedang
Banyak tempat yang tidak tersentuh dengan cinta di Sumedang seperti contoh tempat-tempat sakral yang memang tidak terawat dengan baik hingga sebuah Waduk yang memang luput dari perhatian pemerintah dan masyarakatnya sendiri, seperti contoh Waduk Jati Gede. Banyak orang di luar sana yang tidak mengetahui tentang Waduk atau Danau ini.
Purwakarta mempunyai Waduk Jatiluhur terbesar pertama yang melegenda begitu juga dengan Sumedang yang mempunyai Waduk Jati Gede terbesar kedua dan beroperasi sejak tahun 2014 yaitu waduk tersebut telah menenggelamkan 4 Kecamatan dan 28 Desa yang membendung sungai Cimanuk Jati Gede, Sumedang. Waduk ini memiliki luas 5000 hektar atau berkapasitas 979,5 juta meter kubik air.
Waduk ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya untuk pasokan air bersih disana, selain itu jika kemarau tiba air akan menyusut sekitar 300 meteran lebih sehingga kampung atau desa yang tenggelam dan hilang akan terlihat dan tampak seperti kota mati dengan puing atau reruntuhan yang yang masih terlihat jelas, seharusnya ini menjadi tempat wisata yang unik dan langka juga yaitu selama setahun sekali ketika musim kemarau saja.
Kiranya semua aspek yang berada di kota Sumedang memerlukan sentuhan cinta yang khusus agar tujuan dari penyelenggaraan Writingthon ini berjalan dengan baik sehingga kota Sumedang dapat menjadi salah satu destinasi pusat wisata dan salah satu kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia.

Sumber :
Sumedang - wisata sumedang - Wikipedia.html
www.sumedangkab.go.id
Waduk Jati Gede - Fotokita.grid.id



Komentar

Postingan Populer